|

Kelok 9 'Oase' Pemudik

SUMBAR - RiauPortal.com - Jembatan Kelok Sembilan yang menghubungkan Payahkumbuh, Sumatera Barat dengan Kabupaten Kampar, Riau, ramai dikunjungi para pengendara yang asyik berpose di depan lensa kamera. Kelok 9 seakan menjadi 'oase' bagi para pemudik.

"Sejak dua hari sebelum Laberan, kondisinya memang seperti ini. Terutama pengendara sepeda motor yang mudik, sengaja berhenti di jembatan ini untuk berfoto-foto," kata Armenlani, pemilik warung kecil di Jembatan Kelok Sembilan, Sabtu.

Kehadiran Jembatan Kelok Sembilan yang baru saja selesai pengerjaannya ini dapat dijadikan sebagai monumen keindahan infrastruktur Sumatera Barat sekaligus menjadi panorama indah bagi para pemudik tahun ini.

Posisi Jembatan Kelok Sembilan yang indah ini berada di tengah-tengah antara hutan lindung dan hutan observasi.

Akses yang menghubungkan Jalur Lintas Tengah dengan Lintas Timur Sumatera tersebut diakui para pemudik juga sangat memudahkan arus mudik Lebaran tahun ini sehingga tidak lagi terjadi kemacetan seperti musim mudik tahun-tahun sebelumnya.

Sejumlah pemudik mengaku sengaja berhenti sejenak di Jembatan Kelok Sembilan untuk mengabadikan keindahan panorama yang berada di sekitar area proyek mega miliar tersebut.

Direktur Jenderal Bina Marga, Djoko Murjanto, sebelumnya mengatakan, Jembatan Kelok Sembilan itu sudah memenuhi kelayakan keamanan dan keselamatan.

Hal senada disampaikan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, jembatan layang Kelok Sembilan dapat digunakan pada arus mudik dan balik Lebaran 1434 Hijriah, di mulai sejak beberapa hari sebelum Lebaran.

Menurut gubernur, seperti dilansir antara, keberadaan jembatan layang kelok sembilan bagi Sumbar merupakan sebuah kebanggaan dan menjadi salah satu monumen keindahan alam Minang dalam sektor transportasi.

Saat ini pembangunan jembatan layang kelok sembilan sudah bisa dikatakan selesai 100 persen, guna mengatasi kepadatan arus mudik dan balik Lebaran dibolehkan untuk dilintasi kendaraan.

Kendati demikian, saat sekarang tinggal beberapa yang perlu dilengkapi di antaranya rambu-rambu dan perizinan, tapi untuk jalur mudik saat ini sudah bisa digunakan.(*)



Berita Terkait:


Posted by dupor on 6:06 AM. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan www.riauportal.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. www.riauportal.com akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

0 comments for "Kelok 9 'Oase' Pemudik"

Leave a reply

Terbaru

bisnis paling gratis

Recently Commented

Arsip Berita