|

Inflasi Riau 2013 Masih Terkendali

PEKANBARU - RiauPortal.com - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Riau memperkirakan tekanan inflasi Riau 2013 ini masih terkendali. Tahun ini diproyeksikan Riau berada pada sasaran inflasi nasional yaitu 4,5 persen plus minus satu persen.

Menurut Ketua Tim Teknis TPID Riau, M Abdul Majid Ikram, hal ini secara tidak langsung dipengaruhi beberapa faktor.

Pertama, kondisi anomali cuaca yang diprediksi terjadi tahun 2013, diperkirakan mendorong negara dunia memprioritaskan pemenuhan kebutuhan dalam negeri mereka. Hal ini bisa menimbulkan gangguan pasokan dan gejolaj harga pangan global.

"Pada tingkat nasional, pengaruh anomaos cucaca ini dirasakan dengan musim banjir yang berpotensi ganggu distribusi dan kelancaran pasokan bahan pangan," jelasnya.

Kedua, meningkatnya ekspektasi inflasi sejalan kebijakan administered price yaitu kenaikan Tarif Tenaga Listrik (TTL) dengan rata-rata 15 persen dan upah minimum regional.

Ketiga, masih belum memadainya infrastruktur berupa kondisi jalan yang berdampak adanya ketidakseimbangan antara tonase jalan dengan kapasitas kendaraan sehingga berpotensi menghambat kelancaran distribusi bahan makanan.(rpo)



Berita Terkait:


Posted by dupor on 4:59 PM. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan www.riauportal.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. www.riauportal.com akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

0 comments for "Inflasi Riau 2013 Masih Terkendali"

Leave a reply

Terbaru

bisnis paling gratis

Recently Commented

Arsip Berita